Senin, 28 Januari 2013

Selamat Siang dan Semangat Pagi

Haoo bloggers tercinta.


Sedikit curhat nih tentang prosess perjalanan mencari penghasilan, dari yang jual2 aksesoris(PIN, gantungan kunci,dll) sampai sekarang ikutan bisnis Oriflame.


Dulu sewaktu aku masih sekolah di SMP, rasanya bosen dan jenuh kalau mau jajan harus minta ke ortu. . Kalau mau main games online harus gak jajan dlu selama seminggu, hadeeeh rasanya tuh tersiksa banget. Sampe akhirnya aku liat kaka aku jualan tisu berwarna di gunting dan di masukin ke plastik trus di bakar pake lilin. Wowwww kreatif memang kakak ku itu, ide dia buat berbisnis selalu ada. Akhirnya aku coba bantu si kaka dengan masarin tisu nya itu, keuntungan dr yg aq jual lumayan sehari 1rban (dulu jajan masih 2rb perhari).


 Gak lama aku keasikan sendiri buat jualan, iseng tanya ke mamah aku boleh buat jualan sendiri gak. Si mamah bilang boleh terus minjemin aku duit 20rb buat modal beli akssoris di Pasar Prumpung..

Dari anting lucu, kalung2an, pin bermbar2 unik atau tulisan2 kece, dll. Akhirnya aku jualin barang2 itu, ke SD aq dulu, ke temen2 rumah n temen2 sekolahan SMP. Wuiih untung nya lumayan, pertama bisa ngmbaliin modal ke mamah. Terus bisa beli barang2 dagangan pake duit keuntungan plus kalau ke warnet atau jajan gak usah minta tambahan ke mamah. Seminggu, 2mnggu, 2bulan lancar.. Tapi bulan2 berikutnya kok mangkin sepi yah, udah pada mulai bosen dengan barang2 nya. Pin udah penuh semua tas temen2 sama jualan aq, dan barang2 lain nya. Akhirnya lama2 aq nyerah karna udah gak ada keuntungan lagi yang aku dapet. And bisnis jualan kok stop plus gulung tiker.


Usaha ku yang kedua buat cari duit tambahan waktu itu jd model, awal nya sih gak kepikiran jd model panggilan buat salon kcantikan dll. Bisa kejadian gitu karena aku ikut pemilihan model yang agency nya keliling ke sekolahan buat cari talent. Dan kepilih lah aku buat ikut audisi nya, dapet voucher gitu. Cuman beberapa yang kepilih. Sampe tahap semi finalis aq lolos, pas mau ke final ternyata agency nya mintain dana buat acara, dll. Berhubung mamah gak sanggup punya duit segitu akhirnya ngundurin diri cuman sampe dapet sertifikat lolos semi finalis. Ngerasa seru dan asyik di dunia model, tiba2 salon deket rumah lagi butuh orang buat jadi model acara pelatihan make up nikahan gitu. Dan karena orang nya tau aku pernah ikut pemilihan model, akhirnya aku lah yg jd model acara salon itu. Cuman 4jam jd model yang diem doang di make up in dan setelah kelar lenggak lenggok di depan peserta pelatihan nya 2x bolak balik. Dan akhirnya dapet bayaran 200rb. howeeeeee, itu sesuatu banget looh, SMP udah dapet 200rb penghasilan ndiri..

Dalam waktu sebulan bisa 3 atau 4x dapet event yang sama setelah itu.. Akhir2 SMP, berhubung karena mau UN akhirnya stop gak terima panggilan lagi Mau fokus ke ujian soal nya, gini2 lumayan looh peringkat akademik aku. SD ranking 3 keatas terus, ranking satu uga pernah hheheh.. SMP semester awal doang ranking 8 (karena mash penyensuaian), selanjutnya sampe lulus2an smp ranking 4, 3 atau 2 terus naik n turun hheheh..


Selama SMA kelas 1 n 2 awal belum ada usaha yg bener2 buat cari penghasilan, karena masih sibuk penyesuaian sambil ikut2 ekskul, dari basket sampe mading. Sempet dapet penghasilan sih dari mading, waktu itu ikut lomba mading 3D se SMA Jabodetabek yang diadain koran swasta (lupa nama nya) dan kerja sama dengan XL(operator saluran telphone).. Dengan beranggotakan 10orang, akhirnya kita menghasilkan 3D mading yg wow banget menang juara satu. Hadiah nya handphone, uang 5juta, pulsa perorang 100rb dan sertifikat.. Itu rasanya seneng bangga dan mengharukan loooh. lumayan dapet 300rb perorang plus pulsa 100rb. Sisa nya kasih ke sekolah dan buat makan2 anggota plus keluarga..


Baru deh kelas 2 akhir mulai ikut2an model lagi, sempet ikut acra pemilihan model juga. Hehehe cuman jadi finalis 50besar, tapi bangga sih. Hadiah nya dapet sekolah model gratis selama 1 tahun dan di kontrak Agensy plus PH MD.Entertain selama 1 tahun.. Awal mula ikut shooting2 dapet bayaran 35rb seharian, dari siang sampe subuh.. Capeek nya berasa banget cuman disana dapet maka, siang, sore dan malem..

Tiap hari mulai dapet panggilan, walaupun cuman 35rb/hari tapi pengalaman nya itu yg seru banget dapet temen banyak. Karena ditekunin, makin lama orang2 PH nya makin tertarik sama aku. Akhirnya mulai naik, dr yang cuman numpang lewat n kalo di tv keliatan kayak bayangan doang naik jd tetep figuran tanpa dialog cuman sekarang jd keliatan jelas, kayak cuman jd suster, dll yg naik byaran nya jd 75rb/hari.. Masih bertahan n ditekunin PH nya makin tertarik akhirnya dapet dialog walupun cuman satu baris yg di byar 100rb. Makin lama makin naik, tambah baris dialog n tambah duit dri 100rb sampe 200rban sehari.. Ada yg liat pas shooting, di tawarin lg jd model butik busana wedding. Akhirnya ikut event nya, model catwalk baju wedding dr baju tradiional sampe international.. Bayaran nya 400rb perhari, dan event 1bulan setiap hari sabtu di mall2 berbeda..Lumayan 1jtaan lebih di kantongin!! Dari uang shooting n model aku bisa bayaran sendiri tanpa minta mamah, bisa beli baju jalan2 n nongkrong bareng temen2 bahkan bisa bayarin sekolah adek, walaupun bulan ini iya bulan depan gak.. hhheheh


Sampe kelas 3 di jalanin, biasa kendala UN akhirnya break dulu kegiatan nya dari model n shooting. UN kelar, ujian2 lain kelar. Akhirnya lanjut lagi shooting nya skarang shooting nya gak cuman dengan 1 PH tapi 2 PH juga.. Sambil shooting, akhirnya dapet lg usaha cari duit nya.. Dapet kerjaan jd event SPG rokok, gaji 2juta per2minggu. Cuman jualan rokok keliling2 n sampling rokok aja..


2minggu kerja karena kecapean abis event shooting, badan drop dan mulai sakit2an n pingsan2an.. Kejadian deh kecelakaan yang gak pernah aku duga. Lagi ngendarain motor kecelakaan karena tiba2 pingsan di jalan, suatu pelajaran buat aku. Yang mengakibatkan tulang belikat (tulang yg deket leher) patah, dan mengharuskan operasi yang menghabiskan uang puluhan juta.


Akhirnya shooting aku tinggalin, dan event rokok yang aq jalanin.. Event cuman 4hari selama 8jam/hari, gaji lebih dr 2juta perminggu. 5bulan kerja di event itu, dari belum dapet ijazah sampai akhirnya ijazah turun. Dikarenakan bulan puasa akhirnya event break dulu, lalu dapet lagi tawaran event lain. Event sampling minuman di yang di taro di Supermarket terbesar di Indonesia daerah lodan.. Event cuman 2minggu kontrak, 2minggu lumayan dapet 1.5jutaan.. Keasikan kerja di toko, akhirnya coba tanya2 yg cari lowongan.


Dimulai lah usaha yang kesekian kali nya lagi untuk tambahan duit, oh iya lupa bilang karena kecelakaan itu aku telat daftar ulang kuliah. Jadi mesti ngundur tahun depan lagi lulus tahun 2010 mesti ngulang tahun 2011.. Dan fokus lah buat cari penghasilan, disini udah banyak yang nawarin gabung jd member oriflame dan MLM lain, cuman belum ada yang bisa buat aku greget untuk join jadi aku tolakin semua. Setelah kelar event puasa, dapet deh kerjaan yang pasti, jadi marchandiser bagian Nestle yang di taro di Store Carrefour awal taro di Lodan lalu di Rolling ke Menteng Prada. Di Nestle lumayan, apa lagi oarang toko nya asik2 dapet bonus nya gede pula.. Cuman ya gitu libur cuman 1minggu skali dan itu di hari biasa bukan hari weekend. 8bulan bertahan di Nestle, dan pendaftaran buat kuliah mulai di buka lagi. Krena keasikan kerja akhirnya daftar di Universitas yang kuliah di hari weekend, dapetlah akhirnya masuk ke UNINDRA(Univ Indraprasta PGRI). Dan mau gak mau harus pindah ke kerjaan yang libur hari weekend, resign dari Nestle masuk ke kerjaan kantoran yang sabtu n minggu libur cuman harus terima konsekuensinya yaitu gaji kecil..hikkssss..


Inilah usaha ku yang baru buat cari uang, masuk ke kantor ini adalah hal yang menyedihkan awalnya buat aku. Kantornya isi bapak2 yang kolot semua, baik2 sih tapi karena dulu terbiasa di kerjaaan yang orang nya asyik jadi kaget aja pas kerja disini, udah kantor nya sepi bangeeet hadeeeh pokok nya kalau gak mikirin harus kuliah ogah juga awal nya kerja disini.. Makin lama makin nikmatin kerja disini, orang nya lumayan seru2 dan gak capek kerja nya kayak kerjaan yang dulu2 deket pula dari rumah. Jadi bertahan lah aku di kantor ini sampe sekarang (29 Januari 2013)... Tapi pas di pikir2 kalau usaha aku hanya kerja di kantor ini, sangat2 gak cukup dengan pengeluaran yang harus aq keluarin.. Dari bayar kuliah, kebutuhan bulanan, dll.. Mulai lah akhir 2011 ngebisnis lagi jual2 barang, tapi jadi tangan ketiga bahkan keempat, jual baju, tas, dll.. Lama kelamaan kok ngerasa untung cuman dikit, lalu mulai ngajar2 anak SD dan SMP. lumayan buat tambahan, eh Juni 2012 anak2 nya udah pada lulus ke SMP n SMA nemu guru lain hheheh tersisih deh..Sempet bangga sih pas liat nilai mreka gede2 semua..

 

Bulan Oktober 2012 bunda devita yang dulu pernah kerja bareng di Carrefour Menteng nawarin ikutan bisnis keren katanya, bareng oriflame.. Awal nya aku gak tertarik, dan aku tuh dulu benci banget sama yang nama nya bisnis MLM. Karena MLM2 yang aku tau kebanyakan bulshit dan cuman nguntungin pihak atas aja. Dan aku juga dulu beranggepan dari pada MLM mendingan jualan jd tangan ketiga atau ke empat aja..Akhirnya aku tolak deh tawaran bunda...hmmmm


Bulan2 kemudian masalah makin banyak dan semua berhubungan dengan uang..uang...dan uang.. Gak sengaja iseng liat (kepo) Fb nya bunda Devita (Devita Yullyana), banyak komen2an yang seru2 lanjut buka Fb yg nama nya ka (Anna Desi Fakhrana) menarik bangeeet. Pas dibaca2 ternyata mereka anggota dari grup NLCworld yang kerja sama dengan Oriflame.. Terus dan terus aku baca tambah buat menarik, yang akhirnya aku putusin buat coba gabung..


10 Desember aq gabung dan di daftarin bunda Devita, karena gak ketemu2 akhirnya 28 Desember baru ketemuan sama Bunda dan disana juga ada ka Anna dan suami nya Ka Rio.. Mereka welcome banget ke aku, padahal aku ini anak baru n anak cecurut tapi ajarin dan di jelasin dengan pelan pasti. Satu pesan dari mereka adalah "Kalau mau sukses harus belajar jangan males baca, usaha terus pantang mundur terus semangat n be positive person".. Kata2 itu yang sampai sekarang terus terngiang di otak aku..


Karena kepept waktu, aku akhirnya gak dapet hadiah welcome program yang pertama.. Hiksss sedih banget, padahal wow banget hadiah nya. But aku gak boleh terus terpuruk dan sedih, sedikit2 banyak yang pesan ke aku barang oriflame. Satu lagi pesan dari Ka Anna "kalau mau jualan barang kita harus coba dan punya barang tersebut minimal 1 produk". Dan akhirnya keuntungan langsung dari penjualan aku beliin produk Oriflame yaittu Very Me Foundation yang warna nya paling normal #hhheheh aku gak terlalu suka dandan menor.. Itulah bagus nya Oriflame, semua barang tersedia dari yang mahaal dan pasti nya mutu sesuai dengan harga sampai yang murah banget dan pastinya juga mutu tetep baguus.. Terus ada produk buat cowok, cewek, bapak2, ibu2 bahkan anak2 pun juga ada.. Pokok nya Perawatan adri ujung pala sampai kaki semua ada disini.. Jadi gak nyesel bisa gabung sama Oriflame apa lg didukung oleh grup yang kece banget NLCWORLD..


Januari awal yang waw, baru 1bulan daftar keuntungan udah bombastis. Padahal masih kerja sendiri dan belum ada dowline. Baru lah target buat succes plan di kejar, downline yang pertama gabung Ka Stefanie dan yang kedua Siti Fauziah.. Kita semua terapkan sistem, sukses bersama2, semngat bersama2..


Alhamdulillah dalam waktu 1bulan naik level jd 3%, belum puas soal nya ada yang naik level langsung 12% dalam waktu kurang dari 1bulan.. hiksss woww banget itu nama nya..

Gak boleh sedih, gak boleh iri. Sekarang waktu nya aku mesti tunjukin aku bisa, aku harus susul mereka. Semangat, pantang mundur dan tetep inget orang2 yang telah bantu kita dan orang2 yang harus kita bantu.. 

 

GO..go..go





Tidak ada komentar:

Posting Komentar